PERLINDUNGAN HUKUM NASABAH DALAM PERJANJIAN TELEMARKETING BANK

Sri Lestari Poernomo

Abstract


Telemarketing merupakah salah satu produk perbankan, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis mengenai keabsahan perjanjian yang lahir dan penawaran produk perbankan melalui telemarketing, perjanjian yang dibuat dalam kegiatan telemarketing hampir seluruhnya tidak memenuhi syarat sah perjanjian yaitu mengenai kesepakatan dikarenakan apabila ada unsur kekhilafan dan penipuan, pihak Bank harus bertanggung jawab apabila terjadi kerugian dikarenakan pihak bank menggunakan data nasabah untuk direferensikan kepada pihak perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan bank. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana keabsahan perjanjian yang lahir dari kegiatan telemarketing bank dan perlindungan hukum nasabahnya, dimana akan dianalisis dari teori-teori yang terkait hukum perjanjian, hukum perlindungan konsumen dan hukum perbankan serta implementasi dan solusi yang diharapkan.

Keywords


Nasabah, Perjanjian Telemarketing, Bank



DOI: http://dx.doi.org/10.21143/jhp.vol49.no4.2341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sri Lestari Poernomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.