LEGAL PROTECTION FOR BITCOIN INVESTORS IN INDONESIA: TO MOVE BEYOND THE CURRENT EXCHANGE SYSTEM

Mariske Myeke Tampi

Abstract


Bitcoin telah menarik investor di seluruh dunia karena menyajikan pilihan yang menarik untuk sistem moneter saat ini. Ini adalah mata uang virtual yang dapat berpotensi menggantikan mata uang moneter yang ada karena menawarkan konsep baru pembayaran dikenal sebagai reksa persetujuan tanpa bergantung pada kepercayaan untuk setiap bank atau desentralisasi. Bitcoin sebagai mata uang telah diberlakukan di beberapa negara, meskipun tanggapan telah kecurigaan dan memperingatkan.

Makalah ini akan memeriksa bitcoin isu-isu terkait menggunakan pendekatan normatif-yuridis dan kritis dalam konteks hukum yang berlaku di Indonesia, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Sejauh ini, undang-undang serupa telah diberlakukan oleh California, Uni Eropa dan Singapura untuk menangani masalah-masalah mata uang virtual. Tujuan dari makalah ini adalah untuk menggambarkan bitcoin, mengapa mata uang dan bagaimana kerangka perlindungan hukum untuk Bitcoin investor di Indonesia.

Berdasarkan luas-tersebar adopsi bitcoin dan sisi gelap dari kasus bitcoin membentuk sikap pemerintah tentang bitcoin di Amerika Serikat, makalah ini mengeksplorasi bagaimana memberikan peraturan yang tepat untuk melindungi bitcoin investor di Indonesia.


Keywords


Bitcoin; mata uang virtual; perlindungan hukum



DOI: http://dx.doi.org/10.21143/jhp.vol47.no1.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Hukum & Pembangunan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright - Jurnal Hukum & Pembangunan | 1971-2017